-->

Cara Membuat Multiboot dengan Multisystem


Multisystem adalah perangkat lunak sumber terbuka yang digunakan untuk membuat multiboot usb di sistem operasi GNU/Linux.

Bukan hanya sistem operasi, kamu juga dapat memasukan antivirus utilities, disc cloning, diagnostic tools ataupun yang lain. Dengan Multisystem, kamu dapat menghemat dan memanfaatkan secara baik ruang penyimpanan di flash drive kamu.

Dengan hanya satu flash drive, kamu dapat membawa banyak sistem operasi didalamnya, sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin ribet dengan pembuatan media instalasi.


Instalasi Multisystem
Sayangnya, multisystem hanya tersedia untuk sistem operasi berbasis debian. Untuk memasang Multisystem pada sistem operasi berbasis ubuntu, kamu dapat menggunakan perintah berikut :

sudo apt-add-repository 'deb http://liveusb.info/multisystem/depot all main'
wget -q -O - http://liveusb.info/multisystem/depot/multisystem.asc | sudo apt-key add -
sudo apt-get update
sudo apt-get install multisystem

Persiapan
Untuk membuat banyak sistem operasi yang dapat diinstall dalam satu flash drive, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain adalah :

  • Flash drive dengan sistem file (file system) FAT32.
  • File ISO sistem operasinya.

Untuk memformat flash drive dengan sistem file FAT32, kamu dapat menggunakan perangkat lunak GParted. Untuk memasang GParted di sistem operasi ubuntu dapat menggunakan perintah

sudo apt-get install gparted

Catatan : Pada saat memformat flash drive, kosongkan nama/label. Multisystem akan menambahkan nama untuk flash drivenya.


Pembuatan Multiboot USB
Buka Multisystem, tampilan awalnya seperti ini. Jika flash drive tidak terdeteksi, lalukan mount terlebih dahulu atau gampangnya membuka flash drive dari file manager. pilih flash drive lalu confirm.


Akan muncul pesan kesalahan, abaikan saja karena flash drive kita tidak mempunyai label (multisystem otomatis menambahkan label). Cabut dan pasang kembali flash drive dan buka  kembali multisystem seperti cara diatas, pilih flash drive lalu confirm lagi.


Jika ada pesan konfirmasi pemasangan grub2, klik OK. berikut adalah tampilan multisystem


Untuk memasukan file sistem operasi, drag and drop saja ke aplikasi Multisystem, jika tidak berhasil, pilih icon DVD yang ada pada kiri bawah lalu cari file sistem operasi maka pemasangan akan dimulai. Lakukan yang sama pada sistem operasi kedua dan seterusnya. Jika sudah maka akan seperti ini


Lakukan pengujian pada flash drive yang sudah terpasang banyak sistem operasi, lakukan seperti menginstall seperti biasa. Namun kamu akan dihadapkan pada pemilihan sistem operasi. Pilih salah satu sistem operasi yang akan kamu install.


Saran dari penulis adalah kamu cukup menggunakan flash drive dengan kapasitas 16 GB ataupun 32 GB lalu pasang semua sistem operasi disana. tidak perlu repot lagi membuat bootable USB yang baru.

Berikut adalah video tutorial pembuatan multiboot usb dengan Multisystem, semoga membantu, Klik disini.

Jangan Lupa Share & Comment yaa..
Facebook CommentsShowHide

0 comments