-->

Cara Membuat Password Protected Zip File Dalam Linux


Tutorial sederhana ini menunjukkan bagaimana untuk membuat file zip anda di Linux dilindungi password.

Saya menggunakan Ubuntu untuk tutorial ini tapi teman-teman bisa menggunakan distro apapun yang menggunakan Nautilus (sekarang namanya File) file manager. Ada beberapa cara Anda dapat mengenkripsi file di Linux. Bahkan, ada yang menggunakan Comman Line untuk melakukan ini, tetapi saya tidak akan berbicara tentang mereka.

Membuat File Zip terproteksi Password di Linux

Untuk mengikuti tutorial ini, Anda hanya perlu memastikan bahwa Anda menggunakan Nautilus / Files file explorer. Jika Anda menggunakan Fedora, Ubuntu Unity, atau distribusi Linux lainnya dengan GNOME sebagai lingkungan desktop, Anda harus mempunyai Nautilus.

Langkah ke 1.

Klik kanan di file atau folder dan klik Compress



Langkah ke 2

Pilih format kompresi yang ingin Anda pilih. Ada beberapa format yang tersedia tetapi Anda tidak dapat menggunakan semua dari mereka untuk memasukkan password untuk melindungi file.
Saya menyarankan untuk menggunakan format .zip. Setelah memilih format kompresi yang, klik pada Other Options.


Langkah ke 3

Anda akan melihat pilihan untuk memasukkan password di Options Other. Jika format kompresi yang Anda pilih tidak mendukung enkripsi.

Bisa juga terjadi bahwa Anda harus menginstal alat kompresi untuk menggunakan enkripsi. Misalnya, jika Anda tidak memiliki RAR terinstall, pilihan password akan tidak tersedia.


 

Langkah Ke 4

Masukkan password yang sesuai dan klik Create:


Kompresi membutuhkan waktu berdasarkan pada ukuran file atau direktori. Anda akan melihat pesan seperti ini ketika file yang dikompresi berhasil:


File dikompresi sehingga dilindungi oleh password. Jika Anda mencoba untuk mengambil, itu akan meminta Anda untuk memasukkan password:


Seperti yang Anda lihat, tidak ada satu (cara normal) dapat mengekstrak file ini tanpa password.

Saya harap tutorial ini cepat membantu Anda untuk membuat file zip berpassword di Linux.




Facebook CommentsShowHide

0 comments