-->

DESKTOP ENVIRONMENT

Yoshh.. udah lama gk update blog karena banyak tugas kuliahh...
Kali ini saya akan mencoba share tentang Desktop Environment, apa itu Desktop Environment???

Desktop Environment adalah tampilan grafis antar muka pengguna (Graphical User Interface/GUI) yang di desain untuk mempermudah user dalam mengakses dan menggunakan (konfigurasi & modifikasi) fitur-fitur dalam sebuah paket sistem operasi. Akan tetapi hal ini (penggunaan GUI) bukan berarti user dapat mengakses semua fitur dalam sebuah sistem operasi dimana penggunaan baris perintah (command line) masih harus digunakan ketika user ingin mengakses secara mutlak sebuah sistem operasi (full access).

Desktop environtment terdiri dari icons, windows, toolbar, folders, wallpapers, shortcut, dan desktop widgets.

Sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X masing-masing mempunyai lingkungan desktop tersendiri. UNIX/Linux juga mempunyai pelbagai lingkungan desktop, diantaranya yang terpopuler adalah GNOME dan KDE.

Ini ada beberapa Desktop Environment yang biasa di gunakan di Linux :
1. Gnome
 

GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window).

Bagi yang mau mncobanya di ubuntu bisa menggunakan perintah di bawah:
sudo apt-get update
sudo apt-get install gnome-shell ubuntu-gnome-desktop

2. KDE

KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk Linux, BSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin.
Keunggulan utama KDE adalah kemudahan pemakaian, fleksibilitas, portabitilis, dan kekayaan fitur. KDE dikembangkan sejalan dengan KDevelop, paket pengembangan perangkat lunak, dan KOffice, paket aplikasi office.
Huruf "K" mulanya adalah untuk "Kool", tetapi selanjutnya diganti menjadi "K" saja, yang berarti "Aksara pertama sebelum 'L' (untukLinux) dalam alfabet Latin."
Anda bisa menginstallnya dengan perintah :
sudo apt-get update
sudo apt-get install kubuntu-desktop
3. XFCE

Xfce ([ɛks ɛf si ː i ː]) merupakan perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux, Solaris dan BSD. Tujuannya: cepat, ringan, menarik secara visual dan mudah digunakan.
Versi saat ini, 4.4, bersifat modular dan dapat digunakan lagi. Ia terdiri dari komponen-komponen yang terpisah yang secara bersama menyediakan fungsi desktop sepenuhnya, namun komponen-komponen tersebut juga dapat dipilih dalam subset untuk membuat lingkungan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Xfce terutama digunakan karena kemampuannya untuk menjalankan desktop modern pada perangkat keras yang relatif sederhana.
Xfce berbasis perangkat bantu GTK+ 2 (sama seperti GNOME). Ia menggunakan window manager Xfwm, yang dijelaskan di bawah ini. Konfigurasinya sepenuhnya digerakkan melalui tetikus (mouse), dan file-file konfigurasi disembunyikan dari pengguna biasa.
Xfce mula-mula mirip dengan CDE yang komersial, tetapi dengan pengembangan setiap versi barunya menjadi semakin berbeda.
Anda bisa menginstallnya dengan perintah :
sudo apt-get update
sudo apt-get install xfce4

4. Cinnamon
Cinnamon adalah lingkungan desktop + 3 berbasis GTK. Proyek ini awalnya dimulai sebagai garpu dari GNOME Shell, yaitu shell grafis belaka. Cinnamon seperti pada awalnya dikembangkan oleh (dan untuk) distribusi Linux Linux Mint. 
Karena lingkungan desktop Cinnamon bermaksud untuk mengimplementasikan antarmuka pengguna grafis yang berbeda (GUI) dari lingkungan desktop GNOME, banyak aplikasi GNOME Inti yang bercabang, sehingga GUI mereka dapat ditulis ulang
Untuk cara installnya lebih sulit karena pihak pengembang telah menutup installasi menggunakan PPA, karena DE ini hanya akan digunakan untuk distribusi Linux Mint

Sekian dari post kali ini
Semoga bermanfaat
Facebook CommentsShowHide

0 comments