-->

CARA INSTALL UBUNTU DUAL BOOT


Selamat Pagi Sob, dipagi ini yang lumayan mendung saya akan sedikit berbagi bagaimana cara untuk install Linux Ubuntu, dan disini saya gunakan Ubuntu 13.10. Cerita dulu nih sebelumnya, Ubuntu yang merupakan distro favorit di Linux selalu mengeluarkan versi baru setiap bulan April (bulan 4) dan bulan Oktober (bulan 10). Contoh Ubuntu 13.10 artinya Ubuntu ini dikeluarkan tahun 2013 bulan 10 (Oktober). Gampang ya cara bacanya, nah sekarang ada pertanyaan kok ada Ubuntu LTS itu apa? Ubuntu LTS terakhir adalah Ubuntu 12.04 LTS, LTS disini artinya Long Term Support. Perbedaan Ubuntu dengan embel-embel LTS disupport secara resmi selama 5 tahun sedangkan non LTS 9 bulan. Berikut kira-kira diagram master plan Ubuntu.

Oke langsung aja kita masuk ke bagaimana cara menginstall Ubuntu 13.10 (dan versi ubuntu lain tidak jauh berbeda dengan ini)

Menyiapkan Ubuntu Installer
Download dulu OS Ubuntu dalam format ISO dari sini etelah itu Burn k cd/dvd menggunakan tools yg biasa anda gunakan. Atau bisa bisa d copy ke USB Flashdisk menggunakan Universal USB Installer, bisa download dari sini.

Menyiapkan Partisi Untuk Ubuntu
Klik kanan di computer, manage, disk management, shrink volume / partisi yang ingin disiapkan free spacenya. Saran saya partisi terakhir misal D. Siapkan free space minimal 10gb, dan jangan dibuat partisi ya cuma dibuat free space saja. 

Memulai Penginstalan 
1. Setelah itu masukan DVD installer Ubuntu atau LiveUSB ditancapkan ke port USB, restart komputer dan arahkan agar komputer sobat booting ke media instalasi tersebut.
2. Setelah masuk pilih bahasa di panel seblah kiri dan pilih opsi install ubuntu di panel sebelah kanan (disana ada opsi try ubuntu ini merupakan opsi untuk mencoba ubuntu tanpa menginstall ubuntu, kalau menggunakan DVD maka kita bisa mencoba tanpa save, tapi jika dengan LiveUSB bisa save data, tapi disini kita tidak membahas try ubuntu ya hehehe).

3. Setelah itu akan ada menu seperti gambar di bawah disini pilih install this third-party software (jangan memilih download update, instalasi akan sangat lama sekali). Klik continue.


4. Ubuntu akan menanyakan lagi pilihan konek ke internet, ga nyerah juga dia hahaha. Sekali lagi pilih i dont want connect to wifi network. Klik continue.

5. Setelah itu akan masuk ke installation type, akan ada 2 kemungkinan tampilan menunya, harap diperhatikan ini penting kalau sobat tidak mau kehilangan data-datanya.

Kemungkinan tampilan 1 yang seharusnya, jika ini muncul aman silahkan lanjutkan tutorial ini untuk membuat dual boot ubuntu windows.  Pada tampilan ini ada opsi Install Ubuntu Alongside Windows 8 atau kalau di komputer osbat windows 7 ya muncul windows 7, etc. Jika layar ini muncul langsung sobat pilih something else dan klik install now (lanjut cara no 6 ya).

Kemungkinan tampilan ke 2 tanpa ada opsi install alongside, kalau ini muncul maka buat sobat yang ingin dual boot lebih baik jangan diteruskan. Karena jika muncul tampilan ini berarti ubuntu tidak dapat mendeteksi partisi windows sobat. Kenapa? biasanya hal ini terjadi pada laptop dengan OS windows preinstalled, karena disana ada partisi recovery di partisi pertamanya. Namun tidak semua juga sih, di laptop Acer preinstalled windows kebaca. Tapi di HP tidak terbaca partisi windowsnya. Bagaimana cara mengetahuinya? ya harus dicoba sampe tahap ini hehehe. Pertanyaannya kalau muncul begini apa masih bisa install ubuntu dual boot. Kalau sobat menemui ini dan mau dual boot mau tidak mau harus hapus seluruh partisi dan install ulang lagi windowsnya di partisi pertama, baru bisa install dual boot ubuntu. Ini berdasarkan pengalaman ya, kalau ada yang punya solusi lain bisa di post di comment di bawah ya :)

6. Setelah itu akan masuk ke menu untuk menentukan partisi harddisk. Pastikan ada free space terbaca, biasanya di bagian bawah. Klik free space dan klik tanda + dibagian bawah kiri.

Bentuk menunya seperti di bawah ini, sekarang kita buat dulu:
- Partisi SWAP, disini normalnya berukuran 2x dari ukuran memory RAM komputer sobat. Misal memorykomputernya 2gb maka partisi SWAP ini 4 gb, gunanya ialah untuk tambahan memory ketika memory RAM dirasa kurang oleh ubuntu. Caranya di kolom size isikan 4000, lalu use as dipilih SWAP, lalu pencet oke.
- Partisi OS, sisa free space kit abuat untuk partisi OS. Caranya size dibiarkan saja sejumlah sisa free space, use as diganti Ext 4 Journaling file system, mount point pilih yang / . Tanda / menunjukkan partisi root atau partisi awal atau kalo bahasa windows itu partisi C.
 Setelah itu arahkan ke partisi root tadi dan klik install now.

7.  Pilih lokasi sobat

8. PIlih layout keyboard

9. Pilih username dan password, saran saya untuk username tanpa spasi kalau your name bebas,

Setelah itu klik continue dan tinggal menunggu proses instalasi selesai. Setelah selesai reboot dan ada pilihan ubuntu atau windows, namanya window GNU GRUB. Tinggal pilih windows atau ubuntu. Selamat sobat sudah menginstal dual boot ubuntu.



 Panjang banget ya ini ceritanya hehe, tapi ini sudah berdasarkan pengalaman saya instal windows dan sampai kehilangan data di seluruh harddisk, karena itu saya coba buatkan tutorial install ubuntu yang sejelas-jelasnya jangan sampai sobat punya pengalaman pahit seperti saya. Cara ini saya coba langsung di Lenovo B490 Semoga bermanfaat ya.

Doumo Arigatou Gozaimasu
Facebook CommentsShowHide

0 comments